1

Berbeda dengan Android, sistem operasi IOS mempunyai sifat yang tertutup sehingga pemilik device tidak mempunyai keleluasaan untuk mengutak-atik gagdetnya. Kemudian banyak orang yang tertarik untuk melakukan jailbreak untuk perangkat Apple miliknya sehingga bisa mendapatkan keleluasaan untuk mendapat akses atas iPhone, iPad maupun iPod-nya. Dan inilah keuntungan jailbreak:

Akses aplikasi lebih luas. Ini adalah keuntungan utama jailbreak, sebab kita jadi bisa bisa dengan leluasa segala aplikasi yang tidak tersedia di iTunes App Store atau bisa memasang aplikasi berbayar secara gratis. Selain itu kita juga bisa memasang beberapa aplikasi lain yang tidak resmi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja atau bahkan memperbaiki bug yang ada.
Bisa tethering dengan perangkat lain. Selama ini iOS membatasi tethering hanya ke sesama perangkat Apple, dengan jailbreak kita bisa melakukannya dengan segala macam perangkat. Selain itu kita juga bisa bertukar file, baik itu foto atau lagu dengan perangkat lain setelah melakukan jailbreak. 
Opsi kustomisasi lebih beragam. Dengan jailbreak memungkinkan user untuk mengubah tampilan iPhone dengan mengubah tema, ikon, wallpaper, dock dan kita juga dapat mengubah, mengatur dan membuat sendiri aneka macam ringtone atau suara notifikasi perangkat kita.
Akses ke sistem file. Setelah iPhone dilakukan jailbreak kita dapat mempunyai akses lebih ke sistem file iOS sehingga nantinya dapat mengelola, memodifikasi, transfer data juga memecahkan masalah yang timbul pada perangkat iOS menggunakan bantuan perangkat yang lain.
Sementara itu di samping sejumlah keuntungan, jailbreak juga mempunyai kerugian. Kerugian jailbreak antara lain:
Menghilangkan garansi. Dan karena jailbreak memang tidak disarankan oleh Apple otomatis proses ini akan menghilangkan garansi. Namun demikian garansi akan kembali berlaku saat perangkat kita dikembalikan ke kondisi sebelum dilakukan jailbreak.
Tidak bisa meng-update os. Terkadang Apple melakukan udpate terhadap os-nya untuk melakukan beberapa pembaharuan baik mayor ataupun minor. Namun perangkat yang telah dilakukan jailbreak tidak akan dapat dilakukan update dan jika dipaksakan untuk update akan terjadi eror.
Rentan virus/malware. Karena setelah melakukan jailbreak kita bisa memasang segala macam aplikasi di luar App Store sudah pasti hal ini beresiko dengan segala macam virus atau malware. Oleh karena itu untuk mencegahnya sangat disarankan untuk memasang segala macam aplikasi dari sumber yang terpercaya saja.
Sistem menjadi tidak stabil dan lambat. Hanya pada beberapa kasus jailbreak mengakibatkan perangkat tidak stabil, sering mengalami hang dan penggunaan baterai menjadi lebih boros. Jailbreak juga dimungkinkan bisa mengakibatkan sistem menjadi lebih lambat dan berat. Hal ini karena dengan jailbreak akan lebih banyak mengkonsumsi CPU dan memori daripada pada kondisi default. (ref: Sinyal/ill: telegraph.co.uk)

Post a Comment Blogger

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 
Top