1


Apa itu iTunes Gift Card?
Apple Indonesia - Buat yang familiar dengan produk Apple, pasti tahu yang namanya iTunes. iTunes adalah aplikasi pemutar file multimedia buatan Apple. iTunes nggak hanya bisa dinikmati oleh pengguna produk Apple, dengan Microsoft Windows pun kamu tetap bisa menggunakan iTunes. Melalui iTunes, kamu bisa mengakses iTunes Store, tempat jutaan musik, film, podcast, game, dan e-book tersedia baik yang gratis ataupun berbayar. Bahkan musik jaman nenek moyang kamu pun ada di dalamnya (ada lagunya Jim Croce – Time in A Bottle! *girang*). Masalahnya dengan iTunes Store adalah, kamu harus memiliki kartu kredit untuk dapat membeli konten berbayar di dalamnya. Sayang sekali penggunaan kartu kredit belum begitu populer di Indoenesia (bahkan beberapa ada yang anti-kartu-kredit). Nah, jadi gimana dong kalau mau download lagu Time in a Bottle? Atau soundtracknya Frozen yang lagi ngetrend itu?

Ada banyak orang yang menyediakan jasa pembelian IGC. Atau kalau kamu orangnya gaul sehingga akrab dengan twitter, search aja di twitter dengan keyword “itunes gift card indonesia”, muncullah itu orang-orang yang dagang IGC. Setelah menemukan pedagang yang dirasa terpercaya, kamu bisa menghubunginya secara personal. Biasanya pembayaran dilakukan melalui rekening bank.

Oh ya, sebelum kamu membeli IGC, pastikan region Apple ID dan IGC yang akan kamu beli sama. Di Indonesia, versi yang populer jelas versi Indonesia. Setelah IGC kamu order, uang kamu transfer, selanjutnya kamu akan dikirimi e-mail yang berisi kode IGC yang harus di-redeem melalui akun Apple ID kamu. Kadang-kadang kode tersebut berbentuk link sehingga kamu hanya perlu mengklik link tersebut dan otomatis masuk ke akun Apple ID kamu untuk melakukan proses redeem. Tapi kadang ada juga yang hanya mengirimkan kode aja (bukan link tapi teks). Kalau yang kayak gini berarti kamu harus log in ke akun Apple ID kamu lewat iTunes, lalu cari menu redeem, masukkan kode, terus redeem, selesai. Gampil. Atau kadang-kadang ada juga yang ngirim kodenya lewat sms. Yang ini penjualnya kurang banget security awareness-nya ya. Tapi nggak apa-apa, kan yang penting kodenya dapet.

Begitulah lika-liku per-IGC-an. Proses pembeliannya belum begitu praktis, karena memang belum populer di Indonesia. Meskipun ada yang menjual IGC secara fisik (voucher), tapi itu sangat jarang. Jauh lebih mudah mencari pedagang online seperti yang saya jelaskan sebelumnya (repot kalau harus muter-muter mall nyari yang jual voucher ICG). Emang sedikit mahal, tapi wajar karena kamu nggak mau bikin kartu kredit (karena sesungguhnya ini adalah pake kartu kredit orang lain tapi dikomersilkan) dan kamu tetap ingin mendapatkan kualitas ciamik dari konten yang kamu idam-idamkan. Jangan pernah mau menikmati kualitas kelas 2. Kalau masalahnya adalah uang, berkomitmenlah bahwa seiring dengan meningkatnya kemampuan finansial kamu, kamu juga akan berusaha mengurangi jumlah konten bajakan yang kamu nikmati (targetnya jelas harus nol). Lagipula, kalau kamu memang penggemar berat seorang artis, tentunya kamu akan support karya-karyanya dengan membeli yang asli, bukan?

Sumber:https://irawannnnnnn.wordpress.com/2014/05/30/itunes-gift-card/

Post a Comment Blogger

 
Top